الخميس، 3 يناير 2013

BIMBINGAN KARIR

DASAR-DASAR  RASIONAL  DALAM PANDANGAN TEORI SISTSEM DALAM MENCAPAI SUATU KARIR

Teori  pengembangan  karir memiliki  sejarah  yang relatif  singka. Dalam  teori  ini, Issacson dan Brown (1993) berpendapat bahwa "ilmu perilaku" merupakan  bagian darr  teori pengembangan  karir,  "masih dalam,  tahap perkemb angan".

Tiga unsur seleksi karw yaitu:

1. Pengetahuan  diri
2. Pengetairuan  tentang dunia kefia, dan
3. Penalaran yang benar pada hubungan dari dua kelompok  fakta.

Sejak awal beberapateori yang berfokus pada konten pilihan karir, seperti karakteristik  individu dan tempat kerja berkembang yang dikenal sebagai teori in teori trait and  factor, dalam perkembangan selanjutnya teori in menyebabkan orang lingkungan setelah itu adajuga teori-teori yang lelrih menekankan pada tahapan-tahapan dan proses perkembangan karir ? kemudian di usulkan  sebagai teori perkembangan:
Guichar dan Lenz (2A05) mengidentifikasi tiga karakteristik utama ciaiam iiteratur  teori karir internasional  :
a) Penekanan  pada konteks  dan keragaman  budaya,
b)  konsruksi diri atav penekanan  pengembangan,dan
c)  perspektifkonstruktivis.
Jadi dalam teori pengembangan karir harus mencoba untuk menyajikan  teori fieksibei dan adaptif. Dalam pengembangan dan penyempurnaan berikutnya dari  kerangka teori  system pengembangan  karir.

A.     DEFIMSI

1.      Apa yang dimaksud  dengan  "KARIR"?
Arri dan definisi karir rnasih  iii pahami  sebagai <iiferensiai. Karena kurangnya  kejeiasan konseptual yang mempertahankan ambiguitas  dan  terus mencegah  dalam pemikiran pada saat  ini.
2.       Deftnisi ini lebih luas dari karir yang menarik perhrtian pada konsep     pengembangan karir menurut Brown dan Brooks (1990) menggambarkan  sebagai "bagi kebanyakan orang sebuah proses seumur hidup bersiap- siap untuk memiiih,dan biasanya terus membuat pilihan-piiihan darr antara pekerjaan yang tersedia dalam masyarakat kita.

B.      STRUKTUR TEORI PENGEMBANGGAN KARIR

Brown dan prapaskah  berpendapat  bahwa konselor juga harus mengakses  teori karir dari seoranga ahli yaitu Ality dan  industri psikologi  organisasi untuk memiliki gambaran  yang lebih lengkap dari teori karir.

C.      STRUKTUR  TEORI PENGEMBANGAN  KARIR

Bagian  ini memberikan  ikhtisar ientang  struidur  teori karir eian menyajikan  kerangka  teori yang  akan di bahas  lebih rinei nanti :
  • Teori konten 
  • Teori proses
  • Teori isi dan proses
  • Penjelasan  yang lebih luas
  • Pen<iekatan  konstruksi 
  • Isu terkait dengan kategorisasi
  • Dasar-dasar  filosofis  teori pengembangan  karir

Konstruktivis  pandangan  dunia

Sebaiknya, konstruktivis berargumen terhadapan kemugkinan  kebenaran absolut, menegaskan bahwa pengembangan individu realitas di bangun "dari  dalam keluar". Menerapakan teori system untuk pengembangankair belajar di bidang  teori konseling,dan  teori sistem  (Plas, 1992; Yan Bertalanffy, 1968).

Kesimpulan

Jadi artikel  ini menjelaskan  tetang teori-teori yang ada yaitu  :
Teori konten dan prosss, yang mengacu pada interaksi cian perubahan dariwaktu ke waktu dalam beberapa cteori sebagai tahapan yang melalui individu, dan menerapkan system untuk pengembangan karir teori Trait-Factor dan teori perkembangan pada pemilihan karir dan perkembangan karir serta pengaplikasiannya.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق